Home Intipan Buku Kilas Buku Favorit Tentang Pendidikan Keuangan

Kilas Buku Favorit Tentang Pendidikan Keuangan

2
0

THE CASHFLOW QUADRANT – Robert T Kiyosaki. Buku ini menuntun pembaca untuk mendapatkan kebebasan sejati dengan terlebih dahulu mencapai kebebasan finansial.Robert ingin berbagi pelajaran tentang uang dan pilihan hidup, suatu pelajaran berharga yang ia dapat dari kedua ayahnya. Pada bagian pertama buku ini, Robert Kiyosaki menyuguhkan skema Cashflow Quadrant. Penulis menjelaskan dengan detail arti dan cara kerja skema yang ia ciptakan berikut dengan perbedaan karakter dan individu tiap kuadran. Terdapat 4 kuadran penting yang disampaikan dalam buku ini yaitu E (pegawai), S (pekerja lepas), B (pemilik bisnis) dan I (investor). Perbedaan inti tentang orang-orang di keempat kuadran adalah tentang keterampilan, kepribadian, kemampuan untuk menanggung risiko dan kemampuan menggunakan informasi/fakta sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan secara finansial. Buku ini memberikan insight kepada pembaca untuk menghasilkan uang tanpa uang dan membantu individu untuk menjadi investor. Robert memberikan masukan/saran untuk pertama – tama mengembangkan ketrampilan menjadi seorang pemilik bisnis yang baik. Setelah menjadi pemilik bisnis, langkah untuk menjadi investor menjadi mungkin dengan dibekali pengetahuan yang cukup. Dalam bab pertama ini, ia banyak menceritakan pengalaman jatuh bangun sebagai pemilik bisnis. Ia mengemukakan jenis sistem bisnis dan cara untuk menjadi seorang pemilik bisnis dengan cepat. Bagian tujuh tingkat investor adalah bagian yang saya baca berulang kali. Sungguh bagian ini akan membuat anda berpikir dan kemudian berefleksi.

Bagian kedua buku ini adalah tentang perubahan pribadi dalam hidup. Lebih tentang siapa diri pembaca nantinya daripada apa yang harus pembaca lakukan. Beralih dari keamanan kerja ke keamanan finansial bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan keberanian untuk mengubah pola, menemukan ambisi pribadi, terus berevolusi melatih diri dalam teknologi dan memiliki pengetahuan finansial agar mampu membedakan fakta dan opini. Robert menggiring opini pembaca untuk mau belajar keterampilan wirausaha dan berinvestasi sebab ironisnya hidup lebih aman berada di sisi kanan kuadran dibandingkan sisi sebaliknya. Sisi kanan kuadran kebal terhadap perubahan ekonomi dan pasar yang umumnya terjadi secara tiba-tiba. Namun sisi kanan kuadran mengharuskan orang untuk membangun sistem bisnis dan uang akan datang dari sistem tersebut. Tiga bab di bagian kedua menekankan pada perubahan diri sendiri untuk mencapai tujuan inti yaitu kebebasan finansial. Ini lebih tentang menjadi, melakukan dan mempunyai tujuan karena tanpa kerangka berpikir dan sikap yang tepat tujuan hanya akan menjadi sekedar kata-kata.

Saya rasa bagian ketiga merupakan bagian terpenting dari buku ini. Kiyosaki mengajak kita untuk bertindak demi mencapai tujuan, mengalahkan rasa takut dan ragu-ragu. Jika suatu hari melakukan kesalahan maka setidaknya pembelajaran sudah didapat entah secara emosional, mental atau fisik. Sebab untuk bisa bertahan di kuadran B dan I dibutuhkan kecerdasan finansial, sistem dan emosional. Bagian ini memuat cara jitu untuk mencapai kebebasan finansial dimulai dengan langkah kecil yang dilakukan secara progresif dan kontinu. Para pembaca diajak untuk menyusun rencana jangka panjang hidup mereka. Buku ini ditutup dengan rangkuman motivasi untuk menemukan jalan masing-masing menuju kebebasan finansial. Selamat membaca!

Previous articleNow or Nothing: Which Sector Should be Optimized to Resolve Pandemic Dilemma ?
Next articleHow to cook a burger by GORDON RAMSAY, a Food Review
Hi! My Name is Christina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here