Ayam Goreng Lengkuas

Resep ayam goreng yang dibuat dengan bumbu terbaik dan disajikan dengan kremesan asli favorit anda!

Ayam dengan bumbu lezat dan taburan lengkuas yang gurih sangat cocok untuk teman makan bersama nasi hangat saat santai atau di waktu-waktu kritis seperti pagi hari.

Jika anda tak suka ayam, bumbu dalam resep ini bisa dengan mudah digunakan untuk udang, bebek, puyuh, jeroan sapi dan lain-lain.

Lengkuas segar dengan aroma yang khas adalah bahan utama dalam resep ayam goreng ini. Rasanya pedas dan kuat serta teksturnya yang keras mampu membawa citarasa dan aroma tersendiri dalam setiap masakan.

Berbagai macam masakan khas Nusantara mayoritas menggunakan lengkuas sebagai penambah aroma sehingga mantap untuk dinikmati.

Lengkuas umumnya tidak dimakan seperti bumbu dapur lainnya namun anda bisa menyantapnya saat diparut dan dijadikan srundeng atau taburan ayam goreng.

Bonus: jika anda tak punya banyak waktu untuk memarutnya secara manual, resep ini mendukung anda untuk menghancurkan bumbu-bumbu rendaman menggunakan blender sehingga membuat resep ini sedikit lebih cepat dan lebih mudah untuk disiapkan.

Selain itu, resep bumbu rendaman lengkuas dapat disimpan dengan baik di dalam lemari es selama beberapa hari jika anda ingin menyimpan ayam sehingga di akhir minggu tetap dapat memilikinya saat makan malam.

Jika anda baru pertama kali memasak dengan bumbu ini, jangan khawatir lengkuas adalah bahan yang sangat sederhana untuk digunakan dan di dalam resep ini saya akan memandu Anda melalui semua tahap-tahapnya dengan baik. Mari membuat ayam lengkuas bersama-sama!

.

Bahan-bahan untuk Membuat Ayam Lengkuas

Dimulai dengan menulis bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat ayam lengkuas, anda membutuhkan:

  • 3 ekor Ayam: resep ini menggunakan ayam negeri atau bisa juga ayam blaster dengan tulang. Bahkan bumbu dapat digunakan pula pada potongan daging bebek, sapi, puyuh dan lain-lain. Ayam dipotong sesuai selera.
  • 6 siung Bawang merah dan 3 siung bawang putih: gunakan yang ukuran medium dengan prosentase jumlah bawang merah dua kali lebih banyak daripada bawang putih.
  • 6 butir Kemiri: cita rasa gurih dan sedap yang muncul dari kemiri cocok digunakan dalam masakan kali ini. Anda bisa memilih bijian atau dalam bentuk bubuk.
  • 3 sdm Ketumbar: resep ini menggunakan ketumbar bubuk, namun jika anda tidak memilikinya di rumah bisa gunakan yang butiran kemudian tumbuk hingga halus.
  • 2 ruas Jahe: pilih jahe segar degan serat yang lembut dan daging berwarna kekuningan. Beberapa ruas jahe mampu menghilangkan bau amis sekaligus menambah cita rasa masakan.
  • 3 sdt Kunyit bubuk: penggunaan kunyit dalam bentuk bubuk sebagai alternatif pemberian warna pada masakan.
  • 6 lembar Daun salam: gunakan daun salam yang masih segar dan berwarna hijau agar rasa serta aroma masakan anda lebih kaya
  • 3 batang Serai: resep ini membutuhkan 3 ruas serai yang dipotong di bagian batangnya, iris melintang dan geprek untuk mengeluarkan aroma dan rasa.
  • Lengkuas: 100 gram lengkuas dalam resep ini akan digunakan untuk bumbu rendaman dan taburan/kremesan di atas ayam setelah digoreng. Pilih lengkuas yang segar, haluskan menggunakan chopper.
  • Penyedap rasa: campuran garam, gula dan lada dalam resep ini sangat sederhana. Jangan ragu untuk memasukkan campuran bumbu kering apapun yang anda sukai.
  • Air secukupnya

.

Cara membuat Ayam Lengkuas

Untuk membuat ayam lengkuas , caranya sederhana yaitu:

  • Haluskan lengkuas. Agar lebih sederhana dan praktik, masukkan potongan lengkuas ke dalam food processor. Lumatkan hingga tampak tekstur berserat yang lebih lembut.
  • Buat bumbu marinasi ayam. Tuang lengkuas yang sudah dihaluskan ke dalam wajan, masukkan bumbu-bumbu lain. Aduk dan tambahkan air secukupnya.
  • Marinasi ayam. Potong ayam menjadi potongan yang lebih kecil, ungkep ayam sampai matang, bumbu meresap dan air habis. Balik dan gulinkan ayam agar ayam terlapisi bumbu marinasi secara merata. Jika sudah matang, diamkan hingga suhu ruang
  • Menggoreng ayam. Setelah ayam termarinasi sempurna, panaskan minyak dan goreng ayam hingga kuning keemasan. Tak masalah jika bumbu marinasi masuk dalam penggorengan, anda bisa menggunakannya sebagai taburan di atas ayam saat disajikan nanti.
  • Sajikan. Siap disajikan dengan nasi hangat, hiasi dengan tomat atau selada hijau segar.
  • Penyimpanan ayam. Jika anda berniat menyimpan di kulkas sebagai stok, setelah ayam matang dimasak dengan bumbu marinasi, diamkan suhu ruang dan simpan di kotak makanan kedap. Ayam lengkuas akan bertahan di freezer hingga 2 minggu.

.

Variasi yang dapat Anda lakukan

Bosan dengan rasa ayam lengkuas yang itu-itu saja? Anda dapat berkreasi dengan cara:

  • Tambahkan rasa pedas pada ayam lengkuas: jangan ragu tambahkan beberapa variasi sambal atau potongan cabe saat menyantapnya.
  • Gunakan potongan ayam yang berbeda: hampir semua potongan ayam sempurna jika diolah menjadi masakan ayam goreng lengkuas. Atau gunakan daging ayam tanpa tulang dan tanpa kulit jika anda mau.

Gunakan protein yang berbeda: daging sapi, babi (non-halal), bebek atau puyuh semuanya akan terasa lezat dengan bumbu ini juga!

.

.

Add Comment